Rabu, 25 Maret 2015

Jangan mau jadi seekor bebek

Setiap dari kita memiliki keistimewaan yang sangat berbeda satu sama lain. Tidak mungkin ada orang yang memiliki keistimewaan yang sama. Tuhan sudah memberikan setiap manusia jalan mereka masing-masing. Jadi jangan pernah beranggapan untuk memiliki kemampuan dalam segala hal. Mungkin kita berfikir kalau kita memiliki banyak kemampuan kita akan mendapatkan keistimewaan. Kita akan diagung-agungkan banyak orang. Dimanapun kita berada selalu menjadi pusat perhatian. Eh...bukannya menjadi pusat perhatian terus-menerus juga bisa bikin stress ya? Liat tuh artis-artis yang dah ngetop, kemana-mana malah ngga mau dilihat orang. Aneh.


 Ada pepatah menarik yang takkan pernah hilang dalam ingatan kita.  Know yourself (mengenali diri sendiri). Bila kita lihat zaman sekarang banyak orang-orang  yang sudah tak mampu mengenali diri mereka sendiri. Mereka memilih menjadi orang lain. Memilih menyiksa diri mereka sendiri hanya karena ingin dilihat orang lain. Ingin dianggap hebat, padahal hati mereka tersiksa.  Waktu yang begitu singkat yang harusnya digunakan untuk melejitkan potensi diri, malah mereka buang sia-sia ditempat yang tak bermakna. Bukannya potensi meningkat, malah kesesengsaraan yang kumat.


Jadilah diri sendiri dalam keadaan apapun. Lakukan apa yang benar-benar ingin kau lakukan. Lakukan lah yang terbaik dalam keadaan apapun. Bukan melakukan hal yang sebenarnya tidak ingin  kau lakukan.


Bila kita tidak bisa menjadi bangunan yang megah, jadilah rumah sederhana namun menawarkan kesejukan yang membuat siapa yang bernaung merasa nyaman didalamnya. Bila tidak bisa menjadi rumah, jadilah gubuk yang mampu melindungi manusia dari panas dan hujan. Mampu memberikan kehangatan walaupun lubang-lubang dindingnya mendatangkan nyamuk yang siap menggigit. Bila tidak mampu menjadi gubuk, jadilah pohon rindang nan besar yang siap menaungi sang musafir yang lelah dalam perjalanan. Bila itu pun tak mampu, jadilah pohon biasa namun berbunga membuat siapa memandang jatuh cinta. Bilamana tak ada yang mampu jua, jadilah belukar namun belukar yang tak pernah mengganggu. Di titik manapun kita berada, jadilah diri sendiri, jadilah yang terbaik.


Hidup adalah sebuah pilihan yang wajib untuk kita memilihnya. Mau menjadi baik atau buruk, semuanya adalah pilihan kita. Bahkan ketika kita tidak memilih pun sebenarnya kita sudah memilih. Jadi jangan pernah menyesal bila kita mendapatkan apapun dalam perjalanan hidup, karena itu adalah pilihan kita sendiri. Bila kita memilih untuk menjadi seperti orang lain sepenuhnya rugilah kita, karena kebahagiaan takkan pernah ada. Yang ada hanya kebahagiaan semu yang menipu. Tuhan menciptakan kita semua dengan unik, nomor seri kita berbeda. Tidak akan pernah ada manusia yang sama. Semua memiliki keistimewaan sendiri. Karena itulah dunia berjalan dengan sempurna nan indah. Semua saling membutuhkan saling melengkapi. Karenanya dunia tidak membosankan, dunia menjadi lebih berwarna. Kenalilah diri sendiri, cari tau sedalam-dalamnya siapa kita ini. Jangan pernah jadikan diri kita hanya sebagai pengikut layaknya seekor bebek. Jangan jadikan waktu yang singkat ini terpenuhi dengan kegiatan-kegiatan yang sebenarnya tidak kita senangi, namun hanya karena malu kepada sesama kita rela melakukannya. Malulah pada Tuhan yang telah memberikan kemampuan istimewa. Yang menjadikan setiap manusia memiliki jalannya masing-masing dalam menempuh jalur hidup yang penuh kebahagiaan.


Kita lebih suka mendapatkan prestasi terburuk karena melakukan sesuatu yang saya senangi daripada mendapatkan prestasi terbaik atas sesuatu yang tidak saya senangi. Karena dengan kita melakukan apa yang kita senangi kita akan selalu nyaman dalam keadaan apapun. Kita tidak akan pernah merasa tertekan dalam menjalani kehidupan yang sebenarnya sangat berharga ini. Melangkahlah dengan bijak, dengan penuh kesadaran. Jangan pernah melangkahkan kaki ketempat yang kita tidak ingin menuju kesana.

Percayalah, bila kita sudah menemukan apa yang benar-benar kita inginkan dari dasar hati, kehidupan penuh kebahagiaan lekas menghampiri. Kita tidak akan pernah lagi merasa lelah, bosan, penat dalam setiap detik waktu yang kita jalani. Kita akan menjadi lebih bergairah, lebih memiliki keyakinan dalam hidup.



Jangan pernah mau menjadi seekor bebek. Kita memiliki suatu hal yang sangat pantas kita banggakan. Sangat layak untuk diperjuangkan sampai akhir kehidupan. Kita memiliki suatu hal yang tidak akan pernah ada dalam diri orang lain.

Tidak ada komentar: