Kamis, 08 Mei 2014

Pentingnya melakukan cek kesehatan secara Berkala

Melakukan cek kesehatan adalah sebuah hal penting yang sering diremehkan oleh sebagian besar orang. Padahal, melakukan cek atau pemeriksaan kesehatan adalah salah satu cara yang efektif untuk mendeteksi resiko serangan penyakit sejak dini. 

Cara Sederhana untuk Cek Kesehatan
1.      Salah satu prosedur cek kesehatan yaitu melakukan tes denyut jantung Pada umumnya, orang yang sehat memiliki jumlah denyut jantung sekitar 60 – 85 kali per menit ketika dalam kondisi istirahat.
2.      Memeriksa tekanan darah. Normalnya, tekanan darah seseorang adalah pada angka sekitar 130/80 mmHg. Dengan memantau tekanan darah kita secara rutin, kita akan mengetahui perkembangan kondisi tubuh kita. 

Pandangan yang Salah terhadap Cek Kesehatan
Beberapa cara sederhana di atas merupakan cara yang bisa kita lakukan untuk memantau kesehatan kita, namun tentu saja cara-cara tersebut tidak akan mampu untuk mendeteksi resiko beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti resiko penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit paru-paru, dan lain-lain. Untuk itu, melakukan pemeriksaan kesehatan atau yang biasa disebut dengan general check up atau medical check up di rumah sakit masih merupakan pilihan yang lebih tepat. 

Banyak orang yang memandang bahwa cek kesehatan justru akan membuat mereka stress jika diketahui ada resiko penyakit berbahaya yang mereka derita. Tentu saja ini adalah sebuah pemikiran yang salah karena justru jika kita mengetahui penyakit tersebut ketika sudah parah, inilah yang akan menjadi masalah besar.

Tidak ada komentar: