Kamis, 08 Mei 2014

3 Gejala umum Penyakit Jantung

Seiring dengan bertambahnya usia, Anda harus lebih memerhatikan kondisi dan kesehatan tubuh. Ketika merasakan gejala yang ringan dan sepele, mungkin itu sebenarnya adalah peringatan akan kondisi yang mungkin bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Begitu pula dengan tanda dan gejala penyakit jantung, bahkan bisa jadi Anda tidak menyadarinya. Oleh karena itu, Anda harus waspada dan tidak boleh abai akan perubahan yang terjadi pada tubuh dan kesehatan Anda. Di bawah ini beberapa gejala yang menunjukkan bahwa jantung atau sistem kardiovaskular bermasalah, yaitu:

1. Sering mengalami nyeri dada terutama dada sebelah kiri. Bisa jadi arteri pada jantung mengalami masalah.

2.  Mengalami irama atau detak jantung yang tidak teratur atau dikenal dengan nama aritmia. kondisi ini ditandai dengan detak jantung yang sangat cepat dan kadang-kadang malah tidak terdeteksi denyut sama sekali pada nadi.

3. Mengalami sesak napas, kondisi ini seringkali diabaikan. Gejala sesak napas bisa menjadi tanda bahwa katup jantung bermasalah. 

Ketiga gejala di atas tidak boleh diabaikan, segeralah periksakan diri ke dokter atau ahli jantung terdekat sebelum terlambat. Semakin dini terdeteksi, semakin baik karena akan semakin cepat pula penanganannya jika memang terdapat masalah pada jantung. Tapi, jika mengabaikannya, maka Anda akan berisiko terkena serangan jantung mendadak yang fatal akibatnya. Selain itu, jika ada anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit jantung, sebaiknya segera berkonsultasi ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan jantung Anda.

Tidak ada komentar: