Senin, 02 Maret 2015

Belajar dari Burung Merpati

Merpati adalah burung yang  tidak pernah mendua hati. Coba perhatikan, apakah ada merpati yang suka berganti pasangan ? Jawabannya adalah “TIDAK” !! Pasangannya cukup satu seumur hidupnya.

Merpati adalah burung yang tahu kemana dia harus pulang. Betapapun merpati terbang jauh, dia tidak pernah tersesat untuk pulang. Pernahkah ada merpati yang pulang ke rumah lain ? Jawabannya adalah “TIDAK” !!
Merpati adalah burung yang romantis. Coba perhatikan ketika sang jantan bertalu-talu memberikan pujian, sementara sang betina tertunduk malu. Pernahkah kita melihat mereka saling mencaci ? Jawabannya adalah “TIDAK” !!

Merpati tahu bagaimana pentingnya bekerja sama. Coba perhatikan ketika mereka bekerja sama membuat sarang. Sang jantan dan betina saling silih berganti membawa ranting untuk sarang anak-anak mereka. Apabila sang betina mengerami, sang jantan berjaga di luar kandang. Dan apabila sang betina kelelahan, sang jantan gantian mengerami. Pernahkah kita melihat mereka saling melempar pekerjaannya ? Jawabannya adalah “TIDAK” !!
Merpati adalah burung yang tidak mempunyai empedu, ia tidak menyimpan “KEPAHITAN” sehingga tidak menyimpan DENDAM !!

Jika seekor burung merpati bisa melakukan hal-hal di atas, mengapa manusia tidak bisa ??

Marilah kita belajar menjadi pribadi yang BIJAKSANA…

Hal yang sangat menyedihkan adalah saat kau jujur pada temanmu, tapi dia berdusta padamu;  Saat dia telah berjanji padamu, tapi dia mengikarinya;   Saat kau memberikan perhatian, namun dia tidak menghargainya.

Biarlah… itu berjalan apa adanya....
Jangan pernah menyesali... atas apa yang terjadi padamu, Sebenarnya hal yang kau alami sedang mengajarimu… Saat temanmu berdusta.. padamu atau tidak menepati janjinya padamu atau tidak menghargai perhatian... yang kau berikan, sebenarnya dia telah mengajarimu agar kau tidak berprilaku seperti dia! Bila kau dibutuhkan hanya pada saat dia kesulitan,  sebenarnya juga telah mengajarimu untuk menjadi orang yang arif & santun, Kau telah membantunya saat dia kesulitan. Begitu banyak hal yg tidak menyenangkan yg sering kau alami, ataupun bertemu dgn orang yang menjengkelkan, EGOIS & sikap yg tidak mengenakkan. DAN betapa tidak menyenangkan menjadi orang yang di kecewakan, di sakiti, tidak diperdulikan atau dicuekin, bahkan dicaci & dihina.

Biarkan… seperti air mengalir ........... 
Sebenarnya orang tersebut sedang mengajarimu untuk melatih membersihkan hati & jiwa, Melatih untuk menjadi orang yang sabar & mengajarimu untuk tidak berprilaku demikian.
Itu semua diperlukan agar kelak dirimu menjadi pribadi yang bijaksana !!

Dan Pada akhirnya....


Hidup itu indah jika kita bisa saling MENGERTI,  BERBAGI, dan MENGHARGAI !!

Tidak ada komentar: