Rabu, 07 Mei 2014

Darimana Listrik Berasal??

Di malam hari kita bisa melihat dengan bagus karena adanya cahaya lampu atau penerangan. Nah, penerangan tersebut berasal dari listrik. Lalu, listrik tersebut datang dari mana??

Pertanyaan itulah yang terkadang terbesit di otak kita. Ingin tahu dari mana datangnya listrik??  Berikut akan saya coba jelaskan bagaiman listrik tersebut bisa sampai ke rumah-rumah kita.

Proses listrik agar bisa sampai di rumah kita berawal dari tempat yang sangat besar atau disebut pembangkit. Untuk menghasilkan listrik, pembangkit ini perlu diputar, tenaga pemutarnya sendiri ada bermacam-macam seperti :

1. PLTD (Pembangkit Listrik Tenaga Diesel)
2. PLTG (Pembangkit Listrik Tenaga Gas)
3. PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap)
4. PLTS (Pembangkit Listrik Tenaga Surya)
5. PLTP (Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi)
6. PLTB (Pembangkit Listrik Tenaga Bayu/Angin) dan 
7. PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air)


Dari Pembangkit-pembangkit tersebut, listrik akan dialirkan melalui kabel-kabel besar yang biasanya disangga oleh tiang-tiang listrik. Nah, listrik tersebut tidak serta merta bisa dipakai langsung di rumah-rumah. Ini dikarenakan listrik yang dihasilkan oleh pembangkit-pembangkit tersebut masih terlalu tinggi untuk peralatan-peralatan yang ada di dalam rumah, sehingga perlu diturunkan lagi agar bisa digunakan.

Untuk menurunkan listrik tersebut, perlu alat yang ada dijalan-jalan yang sering disebut gardu / trafo. Di Gardu / Trafo inilah listrik akan disesuaikan dengan kebutuhan peralatan-peralatan yang ada di dalam rumah sehingga aman untuk dipakai.


Nah begitulah perjalanan listrik sampai di rumah kita, semoga bermanfaat bagi kita semua.









source : Made Lintar

Tidak ada komentar: