Senin, 05 Januari 2015

Analogi BATU, AIR dan TANAH

Perhatikan BATU, ......... setiap kali ia disatukan senantiasa bertabrakan dan saling menendang,.... begitulah sifat BATU. 

Sekarang coba perhatikan AIR, ..... Air bersifat dapat merata dan bersimbah ke mana-mana secara seimbang. ketika ia disatukan ia menyatu rapi dan saling mengisi,....  karena itulah sifat AIR. 
Demikian pula seorang pemimpin, wajib mengusahakan maratanya kemakmuran, keselamatan dan kesejahteraan anak buahnya.  Menempatkan semua anak buahnya pada derajat dan martabat yang sama dihatinya.


Selanjutnya coba juga perhatikan Tanah,.... Tanah melambangkan sifat pemurah, namun juga teguh dan kuat, sabar dan menerima segalanya, tidak pernah mengeluh dibebani apapun dan tidak membeda-bedakan, serta selalu menerima apa saja yang jatuh diatasnya, apakah sesuatu yang baik, buruk, bau, sedap dan lain-lain. Watak pemimpin seyogyanya mencontoh tanah yaitu tangguh, sabar serta tidak cengeng.

Coba perhatikan Orang CERDAS,.... dia akan Belajar kepada orang lain, apa yang sudah terbukti berhasil yang pernah dilakukan oleh orang lain.   Tidak perlu dari nol!   Ikuti cara tersebut agar kita tidak akan membuang waktu belajar dari nol lagi. (ATM = Ambil, Tiru, Modifikasi).

Selanjutnya perhatikan orang PINTAR,.....  kebanyakan orang pintar berdebat, berbantahan, dan bahkan berkelahi ketika berkumpul terutama karena kepalanya dibuat memBATU oleh kepintaran2nya.


Orang bijaksana, ia selentur AIR, ketika berkumpul, menyatu, berpelukan seperti AIR Dan.........  hanya AIR  dengan segala kelembutannya lah yang mampu melubangi kerasnya BATU.

Tidak ada komentar: